Selasa, 12 April 2011

Ade Dana

Ade Dana (alm) adalah salah seorang pemain besar yang pernah dilahirkan Persib Bandung. Ia merupakan pemain Persib di dekade 50-an dan 60-an. Sebagai pemain, sumbangsih terbesarnya buat Persib adalah dengan mempersembahkan gelar juara Kejuaraan Nasional PSSI (Kompetisi Perserikatan) pada tahun 1961.

Ketika itu, pada putaran final yang menggunakan format "7 Besar", Persib mengumpulkan nilai tertinggi 11 dalam klasemen akhir, sekaligus menyisihkan tim favorit juara, PSM Makassar (10) dan Persija Jakarta (8). Ade Dana dan kawan-kawan memastikan gelar juara setelah pada laga pamungkas yang sangat menentukan berhasil mengalahkan Persija 3-1 di Semarang, 31 Juni 1961. Tiga gol Persib disumbangkan Wowo Sunaryo menit 12 dan 20 serta Hengki Timisela menit 23.
Selain Ade Dana, Wowo dan Hengki, skuad Persib 1961 itu dihuni Hehanusa, Hermanus, Juju (kiper), Ishak Udin, Iljas Hadade, Rukma Sudjana, Fatah Hidayat, Sunarto, Thio Him Tjiang, Nazar, Omo Suratmo, Suhendar, dan Piece Timisela.

Dua puluh sembilan tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1990, anggota tim nasional Indonesia di era pelatih Tony Pogacnik dari Yugoslavia ini kembali menghadirkan prestasi besar buat Persib. Tentu saja, kali ini setelah ia beralih profesi menjadi pelatih. Memadukan pemain senior seperti Adeng Hudaya, Robby Darwis, Adjat Sudrajat dan Yusuf Bachtiar serta pemain muda yang baru mengorbit macam Sutiono Lamso, Nyangnyang, Asep Sumantri dan Aris Munandar, Ade Dana membawa Persib menjuarai Kompetisi Perserikatan 1989-1990. Pada final yang berlangsung di Stadion Utama Senayan Jakarta, 11 Maret 1990, Persib menaklukkan Persebaya Surabaya 2-0 lewat gol bunuh diri Subangkit menit ke 7 dan Dede Rosadi menit 59. Sukses itu mengantarkan Ade Dana menjadi orang pertama yang berhasil mempersembahkan gelar juara ketika menjadi pemain dan pelatih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar